Skip to main content

Sudut Pengambilan Gambar / Camera Angle


Sudut Pengambilan Gambar / Camera Angle
 Pemilihan sudut pandang kamera dengan tepat akan mempertinggi visualisasi dramatik, membuat penonton tertarik menonton video yang dibuat.
Sudutkamera di bagi menjadi 3 jenis yaitu sudut kamera obyektif, subyektif dan point of view.

Videonya ada disini.



1. Sudut kamera obyektif
Adalah kamera dari sudut pandang penonton outsider, tidak dari sudut pandang pemain tertentu. Angle kamera obyektif tidak mewakili siapapun. Penonton tidak dilibatkan, dan pemain tidak merasa ada kamera, tidak merasa ada yang melihat.

- Bird eye view Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan.

Image result for bird eye view


 -High angle Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai “kerdil”

Related image

- Low angle Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/prominance, berwibawa, kuat, dominan



- Eye level Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.

Image result for eye level angle

 -Frog eye Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah. Hasilnya akan tampak seolah-olah mata penonton mewakili mata katak.

Image result for frog eye angle

2. Sudut kamera subyektif
Adalah kamera dari sudut pandang penonton yang dilibatkan, misalnya melihat ke penonton. Atau dari sudut pandang pemain lain, misalnya film horor. Angle kamera subyektif dilakukan dengan beberapa cara:

- Kamera berlaku sebagai mata penonton untuk menempatkan mereka dalam adegan, sehingga dapat menimbulkan efek dramatik

 - Kamera berganti-ganti tempat dengan seseorang yang berada dalam gambar. Penonton dapat menyaksikan suatu hal atau kejadian melalui mata pemain tertentu. Penonton akan mengalami sensasi yang sama dengan pemain tertentu. Jika sebuah kejadian disambung dengan close up seseorang yang memandang ke luar layar, akan memberi kesan penonton sedang menyaksikan apa yang disaksikan oleh pemain yangmemandang keluar layar tersebut. 

- Kamera bertindak sebagai mata dari penonton yang tidak kelihatan. Seperti presenter yang menyapa pemirsa dengan memandang langsung ke kamera. Relasi pribadi dengan penonton bisa dibangun dengan cara seperti ini.

3. Sudut Kamera Point of View
Yaitu suatu gabungan antara obyektif dan subyektif. Angle kamera p.o.v diambil sedekat shot obyektif dalam kemampuan meng-approach sebuah shot subyektif, dan tetap obyektif. Kamera ditempatkan pada sisi pemain subyektif, sehingga memberi kesan penonton beradu pipi dengan pemain yang di luar layar. Contoh paling jelas adalah mengambil close up pemain yang menghadap ke pemain di luar layar dan sebelumnya didahului denganOver Shoulder Shot.


Comments

Popular posts from this blog

Angle Taking Picture / Camera Angle

Angle Taking Picture / Camera Angle   Selection of the camera's point of view appropriately enhances dramatic visualization, making viewers interested in watching the videos they make. Angular camera divided into 3 types of objective camera angles, subjective and point of view. 1. Objective camera angle Is a camera from the viewpoint of outsider viewers, not from a particular player's point of view. Angle objective cameras do not represent anyone. The audience is not involved, and the player does not feel there is a camera, do not feel anyone's seeing. U can see the camera angle here. - Bird eye view Technique of shooting done with camera height is above the height of the object. The result will look broad environment and other objects seem small and scattered -High angle Angle retrieval from above object so impressive object so look small. This technique has a dramatic impression that the value of "dwarf" - Low angle Take the angl
Apa itu Deep Web ?    Internet adalah teknologi yang sangat canggih dan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi orang-orang modern di masa sekarang. Karena saat ini segala sesuatunya bisa dilakukan secara online melalui internet. Bayangkan saja, dulu ketika orang-orang belum begitu mengenal internet, untuk membeli sesuatu kebanyakan orang akan pergi ke pasar atau mall untuk mencari barang atau kebutuhan mereka. Namun saat ini, kita bisa membeli barang apa pun dengan sangat mudah. Bahkan meskipun kita sedang berada di toilet sekalipun, selama masih terhubung dengan internet, kita bisa memilah barang yang ingin kita beli dan memesannya. Namun sayangnya, kecanggihan teknologi internet ini juga dibarengi dengan resiko yang cukup besar bagi para penggunanya. Jika kita tidak hati-hati dalam berselancar di dunia maya, maka kita bisa menjadi korban dari kejahatan cyber. Sebagian orang mungkin belum mengenal tentang apa itu Deep Web, jika Anda menganggap bahwa Deep Web ad