Skip to main content

5 FAKTA BLACK HOLE

5 FAKTA BLACK HOLE

1) Waktu Yang Melambat

Pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali (dan mungkin tak berujung)

Massa gravitasi black hole atau lubang hitam sangat besar. Jika kita mendekati lubang hitam, maka detak jam kita akan sangat melambat (atau bahkan berhenti) jika dibandingkan dengan orang-orang yang berada jauh dari lubang hitam.

--------------------------------------------------------------------

Sebuah peristiwa aneh terjadi pada tanggal 4 September 1945. Pada saat itu penumpang dan kru terbang dan menghilang di atas langit Atlantik yang membuat geger di seluruh dunia. Anehnya, setelah 35 tahun kemudian, tepatnya pada 12 Oktober 1980, pesawat ini mendarat di Porto Alegre, Brazil tanpa pemberitahuan terhadap menara kontrol Bandara

Saat membuka pintu pesawat, sejumlah orang tercengang melihat para penumpang pesawat tersebut yang berjumlah 92 orang itu telah kering kerontang. Menurut penyelidikan, pesawat ini merupakan pesawat Sandiego yang hilang dan telah kembali lagi. Menurut dugaan, pesawat ini telah berkelana melewati ruang 4 dimensi dan tersesat di black hole selama 35 tahun, sebelum akhirnya kembali mendarat.

-----------------------------------------------------------------------------



Hal tersebut dapat dijelaskan dengan teori relativitas umum (karena kita membicarakan gravitasi). Gravitasi menurut relativitas umum adalah lengkungan ruang-waktu di sekitar objek bermasa. Bayangkan sebuah bola bowling adalah Bumi dan sebuah matras adalah ruang. Lekukan yang terbentuk pada matras ketika ditimpa oleh bola bowling dapat dianalogikan dengan melengkungnya ruang ketika ditempati oleh objek bermasa.



2). Apa yang Ada Dalam Black hole?

Sampai saat ini, belum ada kepastian apa sebenarnya yang ada dalam blackhole. Sebab tak ada seorang pun yang berhasil kembali jika sudah tersedot ke dalam lubang misterius tersebut. Namun, diyakini bahwa pusat dari blackhole adalah ruang waktu yang disebut singularistas. "titik tidak terbatas".

Namun itu hanyalah teori fisikawan, karena sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan secara langsung. Masih banyak yang bertanya-tanya, dengan cara apa para ilmuwan menyaksikan bahkan menganalisa black hole? Sementara benda misterius itu sama sekali tidak bisa didekati.









3.) Eksistensi Black Hole

Mengenai eksistensi black hole sendiri, ternyata black hole ini dapat lahir dan juga mati. Awalnya para ilmuwan memang berpendapat bahwa lubang hitam atau black hole ini tidak akan mati. Namun pada tahun 1974 seorang fisikawan bernama Stephen Hawking menemukan fakta tentang black hole yang dapat menguap kemudian energinya akan kembali secara perlahan ke alam semesta.

"It is often said that nothing can escape from a black hole. But in 1974, Stephen Hawking realized that, owing to quantum effects, black holes should emit particles with a thermal distribution of energies — as if the black hole had a temperature inversely proportional to its mass. In addition to putting black-hole thermodynamics on a firmer footing, this discovery led Hawking to postulate 'black hole explosions', as primordial black holes end their lives in an accelerating release of energy."



4.) Black Holes selalu digunakan dalam perfilman science fiction.

Dari Battlestar Galactica, Star Trek, Thor, Doctor Who, hingga Interstellar dan masih banyak lagi, black holes selalu digunakan untuk menambah faktor 'greget' dalam klimaks film-filmnya. Mengapa tidak? Black holes masih merupakan misteri bagi kita dan jujur saja, who can resist the thrill of the unknown?



5). Yang Terjadi Jika Anda Masuk Ke Dalam Black hole?

Apa yang akan terjadi jika Anda sampai terjatuh dalam lubang black hole? Pernahkah membayangkah hal itu sebelumnya? Pasti sangat mengerikan saat membayangkan jika Anda sampai menjadi salah satu aliran partikel yang berputar-putar dalamnya.

Para pakar astrofisika menjelaskan keadaan lubang hitam dengan memberi pengandaian. Charles Liu, misalnya, menjelaskan bahwa jika masuk ke sana, badan Anda akan menjadi seperti pasta gigi yang keluar dari dalam kemasan. Jadi, katanya, lubang hitam tentu bukan tempat tujuan wisata.



Jika Anda dapat bertahan, pastilah Anda dapat melihat lengkungan ruang dan waktu. Melihat sesautu yang pernah jatuh ke dalam lubang hitam itu. Namun apa kesempatan itu ada? Sebab, kemungkinan terbesar adalah gravitasi pasang surut pada lubang hitam itu dengan cepat merusak partikel apapun yang dihisapnya.



Black hole sendiri tidak dapat dilihat secara langsung karena terbentuk dari gas dan debu. Namun, gravitasi black hole yang melengkungkan sinar cahaya di sekitarnya menciptakan jejak visual dalam materi sekitarnya yang disebut sebagai bayangan lubang hitam.

Itulah 5 fakta black hole. daan sampai jumpa.

Comments

Popular posts from this blog

Angle Taking Picture / Camera Angle

Angle Taking Picture / Camera Angle   Selection of the camera's point of view appropriately enhances dramatic visualization, making viewers interested in watching the videos they make. Angular camera divided into 3 types of objective camera angles, subjective and point of view. 1. Objective camera angle Is a camera from the viewpoint of outsider viewers, not from a particular player's point of view. Angle objective cameras do not represent anyone. The audience is not involved, and the player does not feel there is a camera, do not feel anyone's seeing. U can see the camera angle here. - Bird eye view Technique of shooting done with camera height is above the height of the object. The result will look broad environment and other objects seem small and scattered -High angle Angle retrieval from above object so impressive object so look small. This technique has a dramatic impression that the value of "dwarf" - Low angle Take the angl

Sudut Pengambilan Gambar / Camera Angle

Sudut Pengambilan Gambar / Camera Angle  Pemilihan sudut pandang kamera dengan tepat akan mempertinggi visualisasi dramatik, membuat penonton tertarik menonton video yang dibuat. Sudutkamera di bagi menjadi 3 jenis yaitu sudut kamera obyektif, subyektif dan point of view. Videonya ada disini. 1. Sudut kamera obyektif Adalah kamera dari sudut pandang penonton outsider, tidak dari sudut pandang pemain tertentu. Angle kamera obyektif tidak mewakili siapapun. Penonton tidak dilibatkan, dan pemain tidak merasa ada kamera, tidak merasa ada yang melihat. - Bird eye view Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan.  - High angle Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai “kerdil” - Low angle Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehi
Apa itu Deep Web ?    Internet adalah teknologi yang sangat canggih dan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi orang-orang modern di masa sekarang. Karena saat ini segala sesuatunya bisa dilakukan secara online melalui internet. Bayangkan saja, dulu ketika orang-orang belum begitu mengenal internet, untuk membeli sesuatu kebanyakan orang akan pergi ke pasar atau mall untuk mencari barang atau kebutuhan mereka. Namun saat ini, kita bisa membeli barang apa pun dengan sangat mudah. Bahkan meskipun kita sedang berada di toilet sekalipun, selama masih terhubung dengan internet, kita bisa memilah barang yang ingin kita beli dan memesannya. Namun sayangnya, kecanggihan teknologi internet ini juga dibarengi dengan resiko yang cukup besar bagi para penggunanya. Jika kita tidak hati-hati dalam berselancar di dunia maya, maka kita bisa menjadi korban dari kejahatan cyber. Sebagian orang mungkin belum mengenal tentang apa itu Deep Web, jika Anda menganggap bahwa Deep Web ad